Tip Memilih Kambing Untuk Syukuran Aqiqah Anak Kita

Semua orang tua senang menerima hadiah putra dan putri yang sehat. Sebagai salah satu ungkapan terima kasih, orang tua melakukan salah satu dari perintah agama, yaitu melakukan aqiqah. Orang tua menyembelih kambing sebagai cara untuk menunjukkan rasa terima kasih mereka. Biasanya aqiqah dilakukan setidaknya pada hari ketujuh setelah kelahiran anak. Tapi itu tidak bisa sembarangan semua kambing bisa disembelih. Ada persyaratan untuk kambing  aqiqah  yang harus dipenuhi untuk menerima keyakinan agar sesuai dengan ajaran Islam.

Jika anda tidak mau ribet atau ingin praktis dan hemat biaya, maka anda bisa memakai layanan aqiqah seperti yang ada di Jogjakarta yaitu Aqiqah jogja. Jasa layanan aqiqah ini akan menyelenggarakan semua yang berkaitan dengan kebutuhan aqiqah anak kita.

Untuk masalah harga, kambing  aqiqah  bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Tidak perlu menyembelih kambing yang sangat besar. Yang penting adalah bahwa kambing yang akan disembelih benar-benar memenuhi persyaratan hewan dalam Aqeeqah. Yang perlu diketahui, persyaratan untuk hewan agate sedikit berbeda dari hewan yang disembelih.

Di bawah ini adalah kondisi untuk kambing yang dapat digunakan dalam aqeeqah.

Kambing memiliki cukup umur

Kondisi cacat pertama adalah cukup besar untuk disembelih. Usia yang memadai dimaksudkan agar kambing berusia minimal 6 bulan. Lebih baik jika kambing lebih dari satu tahun. Kambing yang masih sangat muda tidak layak disembelih, meskipun bagi kebanyakan orang muda mereka memiliki rasa yang lebih lezat.

Kambing sehat

Kondisi selanjutnya adalah kambing dalam keadaan sehat. Seharusnya tidak ada cedera atau penyakit. Anda harus memeriksa ekor kambing, apakah itu dipotong atau tidak. Jadi, pertama-tama pastikan untuk menyembelih kambing. Dianjurkan untuk memilih keponakan Anda sendiri. Ini membuat Anda lebih meyakinkan. Jika Anda menggunakan layanan katering Aqaba, pastikan restoran memiliki reputasi yang baik untuk anak aqeeqah untuk menggunakan kambing yang tepat. Memilih layanan katering yang benar-benar menyakitkan tidak cukup.

Kambing itu tidak cacat

Tidak menggunakan kambing yang cacat adalah syarat untuk kambing berikutnya. Anda dapat menggunakan kambing dengan gigi lepas karena putaran, kerusakan polong, dan rambut rontok. Tetapi jika kambing memiliki cacat mata atau kaki, maka aqeeqah tidak diizinkan. Bahkan kambing dengan penyakit ringan tidak dapat digunakan untuk kambing agate.

Umumnya, seseorang yang ingin membaca aqeeqah pada hari ketujuh setelah lahir. Misalnya, bayi dilahirkan pada hari Senin, dan aqeeqah pada hari Minggu. Tahun tidak jatuh meskipun hari ketujuh kelahiran. Ini tidak berlaku untuk orang dewasa yang dewasa atau memiliki pikiran orang dewasa dan dapat bangun untuk anak itu sendiri.

Prosedur malakssanakan aqiqah

Kambing disembelih

Ada sesuatu yang perlu dilakukan sampai Tuhan menerima Aqiqah. Kambing yang disembelih harus dimasak dan didistribusikan kepada keluarga, tetangga atau anak yatim. Secara umum, ketika aqeeqah mengikuti pembacaan doa, anak laki-laki yang berduka menjadi anak yang saleh atau scholi-nya.

Beri dia nama

Ketika aqeeqah biasanya disertai dengan nama anak. Secara umum, orang tua anak memberikan nama anak tersebut, tetapi harus diumumkan saat memelihara aqeeqah. Ini sejalan dengan Sunnah Nabi mengenai aqiqah.

Cukur rambut

Hukum cukur rambut pada  Aqeeqah adalah sunah. Jadi  jika tidak dilakukan dengan tidak berdosa, dan jika dilakukan mendapat pahala. Dari segi kesehatan juga, potongan rambut anak-anak baik jika potongan rambutnya sama. Orang tua tukang cukur disarankan untuk melakukan pekerjaan amal berdasarkan berat rambut mereka yang dicukur. Berat rambut harus dikalikan dengan harga perak atau emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *