Kiats Membangun Masjid Agar Terasa Nyaman

Indonesia adalah negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Namun, ini tidak berarti bahwa umat Islam dapat membangun masjid sambil mengabaikan kondisi masyarakat Indonesia yang majemuk. Karena ada beberapa Muslim yang tinggal di daerah minoritas, jelas bahwa mereka masih harus dapat beradaptasi dengan lingkungan. Anda masih membutuhkan saran untuk membangun masjid, sehingga tempat ibadah dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam berbagai kehidupan masyarakat Indonesia.

Selain hal tersebut diatas yang harus kita perhatikan adalah Bentuk, Kwalitas maupun Harga dari masjid yang akan kita bangun supaya sesuai dengan masjid keinginan kita. Khususnya untuk pembuatan kubah masjid, kita harus berkonsultasi dengan konsultan produsen kubah masjid sebelum melaksanakan pembangunannya.

Untuk membangun rumah ibadah agar beroperasi dengan lancar, yang terbaik adalah menerapkan tips berikut untuk membangun masjid.

1. Memperhatikan  tempat dan budaya sekitar

 Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika membangun masjid adalah tempat dan budaya yang berkembang. Misalnya, jika Anda ingin membangun masjid di wilayah Islam, maka tentu saja berbeda dengan membangun masjid di wilayah minoritas seperti Bali. Di Bali, ada berbagai peraturan terkait pembangunan tempat ibadah, seperti pelarangan bangunan pada ketinggian tertentu, ada baiknya pembangunan masjid masih bercampur dengan budaya lokal, seperti menambah dekorasi atau bentuk arsitektur yang khas. . Anda dapat mengambil contoh Masjid Suci, yang merupakan peninggalan dari Sunnah Suci, yang mampu menggabungkan dua model budaya menjadi satu, tanpa kehilangan unsur-unsur penting dari tempat ibadah.

2. Beradaptasi dengan kondisi alam

Selain beradaptasi dengan budaya pluralisme lokal, tips untuk membangun masjid harus memperhatikan kondisi alam di Indonesia. Ada dua musim di Indonesia, musim kemarau dan musim hujan, sehingga pembangunan masjid harus memenuhi persyaratan ini. Kondisi alam sangat memengaruhi desain arsitektur dan material yang dipilih. Misalnya, bangunan masjid harus memperhatikan tingkat kemiringan, sehingga air hujan tidak masuk ke ruang masjid dan mengganggu umat beragama. Pilih bahan masjid berkualitas tinggi sehingga bangunan dapat bertahan lama. Bahan berkualitas tinggi dapat mengurangi biaya perawatan masjid. Untuk informasi lebih lanjut tentang kiat pemilihan bahan berkualitas tinggi, pertama lihat artikel berikut (baca di sini).

3. Desain arsitektur masjid sesuai aturan

Meski masih diatur oleh kondisi budaya dan alam, tips berikut untuk membangun masjid adalah memprioritaskan bentuk bangunan sesuai dengan aturan Islam atau Syariah. Dalam hal ini, ada banyak hal penting untuk dipertimbangkan, termasuk menempatkan pintu kanan tanpa penghalang antara jemaat dan pendeta, merancang situs wudhu yang belum memperhatikan kemiringan antara kanal dan permukaan lantai, desain dari ciuman yang harus benar-benar akurat dan desain yang paling solid. Jangan biarkan headphone terpasang sejajar dengan rumah-rumah di sekitar Anda, sampai menyebabkan ketidaknyamanan;

Tiga hal di atas harus diperhatikan sebelum membangun masjid. Tips membangun masjid bisa diterapkan dengan lembut untuk membangun tempat ibadah yang nyaman. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid juga bisa menjadi identitas Islam yang sebenarnya. Tidak ada masalah dalam melibatkan para ahli dalam proyek pengembangan Syariah, sehingga hasil pembangunan masjid dapat dimaksimalkan sesuai rencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *